Pemimpin Autopilot

Hazards-of-Autopilot-1200

PEMIMPIN AUTOPILOT
Organisasi jalan. Pemimpinnya jalan-jalan. Asik ?😀

Autopilot diartikan saat sebuah pesawat mampu terbang di kondisi ketinggian sekian meter yg sudah stabil tanpa ada campur tangan pilot

Pemimpin autopilot artinya ia tak harus banyak campur tangan dalam membangun organisasinya. Dia berusaha dengan tekun menata sistem. Yg dimaksud dgn menata sistem adalah Bagaimana ia mengatur segala fungsi” yg ada dalam anggota tersebut.

Kalau dalam rumah tangga. Tidak bertumpu pada satu pihak saja. Sang Ayah.Membuat & menata sistem. Yg dimaksud dgn menata sistem adalah Bagaimana ia mengatur segala fungsi” yg ada dalam anggota keluarga tersebut.

Membagi tanggung jawab. Mendistribusikan tanggung jawab. Semua anggota memiliki kesadaran yg sama.Dalam konteks kerja : Ketika manager mampu membagi tanggung jawab kepada seluruh karyawan maka tidak ada intervensi berlebihan – campur tangan yang berlebihan.

Pemimpin autopilot berarti melakukan Proses pembinaan yg dibawahnya agar suatu ketika sang bawahan bisa mengabil alih (klo ditata dengan baik jauh lebih mudah)

Pemimpin autopilot karena organisasinya lebih efektif dia (pemimpin) punya lebih banyak waktu untuk melihat dirinya. melihat kelebihan dan kekurangan sendiri. Dia bisa melakukan proses intospeksi.

Pemimpin tidak ada campur tangan berlebih, tidak berarti tidak penting. Kalo campur tangan berlebih menjadi hal yang tidak baik bagi perusahaan, organisasi, dan lingkungan.

“Apakah pemimpin boleh turun tangan ke lapangan ?”. Boleh tapi jangan keseringan gak baik buat sistem” –

Pemimpin autopilot sudah jalan bisa terjadi ketika sistem yg ditanamkan dengan baik. Bisa menghasilkan autopilot.

Ada satu pengalaman saya yg gak pernah bisa sya lupakan. Pengalaman ini menyangkut tentang organisasi. Ketika saya diberikan amanah untuk memimpin suatu acara yg rutin yg diselenggarakan di sekolah saya. SMK 1 Cimahi.

Itu adalah pengalaman saya dan kegagalan pertama saya dalam memimpin. He he. Saya kurang bisa percaya ketika harus mendistribusikan tanggung jawab karena pd saat itu saya masih berpikir untuk menjadi “single fighter”. Susah banget.

Saya selalu berpikir bahwa setiap tugas sayalah yg paling bisa melakukan hal itu. Padahal tugas pemimpin bukan mengurusi hal yg sifatnya teknis. Semua itu bukan hanya karena sikap seperti itu tapi karena saya benar-benar nggak paham tentang ilmu ke-organisasian.

Semakin banyaknya pengalaman dlm organisasi dan ilmu yg saya dapatkan dari lapangan maupun dari ilmu yg tertulis saya semakin paham tugas seorang pemimpin memang bukan tugas teknis.

Pemimpin harus melihat segala sesuatu nya dalam kacamata yg lebih besar. BIG PICTURE.

saya ambil salah satu quote dari seorang pebisnis sukses. Dewa Eka Prayoga :
Dalam bisnis Tidak ada yang benar-benar sukses menjadi SUPER MAN yg ada adalah SUPER TEAM.

One thought on “Pemimpin Autopilot

Tinggalkan Balasan

