Terdominasi I.Q

Hampir satu abad, dunia mengangap I.Q adalah penentu kesuksesan. Coba jawab hasil perkalian 8×7, kapan Indonesia merdeka?, siapa penemu bohlam lampu?. I.Q berhubungan dengan menghafal, logika, dan nalar.

Ketika ingin melanjutkan sekolah yang lebih tinggi kemampuan akademik alias IQ, bahasa Inggris, matematika, IPA kudu dites dahulu.

Yang selama ini kita pelajari lebih pada penekanan intelektual. Mau bukti?, coba bayangkan kita memegang pensil dan akan membuat sebuah pemandangan. Siap? Ingat cukup dibayangkan saja tak perlu digambar. Dan Satu, dua, tiga, teettttttt…

Pasti sebagian besar gambarnya 2 gunung, matahari terbit di tengahnya, dua petak sawah, dan sebuah jalan pada bagian tengahnya

Ada lagi contoh lain, coba gambar bebek dalam 2 detik. Nnnah hampir 100 persen gambarnya bebeknya menghadap ke kiri. Jadi jangan heran kalau kebanyakan dari kita tidak mampu berpikir kreatif.

Tahukan bahwa IQ hanya berperan 20 persen dalam menentukan kesuksesan dan sisanya EQ.

EQ (emotional quotient) adalah kemampua memahami dan mengerti perasaan orang lain. Coba kita pikir lagi, bagaimana mungkin seorang jenius bisa dikatan sukses jika dia memiliki musuh banyak.

Dan hal ini juga terjadi pada koruptor. Mereka pintar, cerdas, kaya tapi hidupnya tidak bahagia, Bagaiaman tidak mereka selalu dihantui ancaman hukuman.

2 thoughts on “Terdominasi I.Q

  1. betul sekali IQ bukan penentu kesuksesan kita. Aku pernah punya teman yang pintar banget tapi dia suka merendahkan dan mencaci orang lain akibatnya dia karirnya gitu-gitu saja, teman-teman tdk mau milih dia jadi pemimpin. Salam untuk Handi, sukses untuk blognya! jendelakatatiti.wordpress.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s