Negara bahagia tanpa militer dan angkatan bersenjata

Kosta Rika adalah salah satu dari sedikit negara-negara yang telah menghapuskan tentaranya, namun juga boleh dikatakan sebagai negara yang paling berbahagia di bumi.

Ada beberapa cara untuk mengukur kebahagiaan di berbagai negara, semuanya eksak, tapi mutiara Amerika Tengah ini memukau dengan baik oleh sistem apapun yang digunakannya. Sebagai contoh, World Database of Happiness, yang disusun oleh seorang sosiolog Belanda dengan didasari survei oleh Gallup dan lain-lain, Kosta Rika menempati posisi teratas dari 148 negara yang rakyatnya paling berbahagia.

Untuk mengukur negara bahagia atau tidak, dilakukan tiga metode . Pertama, bertanya langsung pada rakyatnya. Kedua, melibatkan para ilmuwan untuk menghitung tahun-tahun yang bahagia di setiap negara, dan ketiga, dengan menggunakan “indeks planet bahagia,” yang dirancang oleh New Economics Foundation, sebuah think tank yang liberal. Mereka menggabungkan kebahagiaan dan umur panjang, dan juga menyesuaikan terhadap dampak lingkungannya. Dalam ketiga cara hitung dan ukur itu, Kosta Rika menempati posisi pertama.

Kosta Rika telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam melestarikan alamnya. Pantai dan jalan-jalan di Kosta Rika sangat bersih, dan dimana saja, bisa ditemukan binatang iguana dan sloth.

Apa yang membuat Kosta Rika seperti itu adalah keputusan yang luar biasa pada tahun 1949. Mereka membubarkan angkatan bersenjatanya dan berinvestasi dalam pendidikan.

Peningkatan pendidikan menciptakan masyarakat yang lebih stabil, lebih rentan terhadap konflik-konflik yang telah berkobar di tempat lain di luar Amerika. Pendidikan juga meningkatkan perekonomian, yang memungkinkan negara untuk menjadi eksportir utama chip komputer dan meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris agar menarik turis-turis.

Mungkin kita tidak bisa jadi anti-militer. Tapi bukti kuat bahwa pendidikan sering kali merupakan investasi yang jauh lebih baik daripada artileri. Di Kosta Rika, tingkat pendidikan meningkat dan bahkan sekarang tingkat kesejahteraan mereka lebih lebih tinggi daripada Amerika Serikat. Meningkatnya tingkat pendidikan juga membuat negara selalu mempertahankan lingkungannya yang subur sebagai aset ekonomi.

Tang tampak cukup jelas adalah Amerika menginvestasikan  di bidang perang melebihi negara manapun. Mungkin ini pelajaran untuk Amerika Serikat untuk mencurahkan lebih sedikit sumber daya pasukan asingnya di luar negeri. Ketimbang mengurus negeri dan rakyat negeri orang, sementara ini rakyatnya terbengkalai karena pengangguran dan remaja putus sekolah semakin marak di negerinya sendiri.

*Dipungut dari sini

7 thoughts on “Negara bahagia tanpa militer dan angkatan bersenjata

  1. bukAN hanya pelajaran bwt Amerika Serikat tapi bwt Indonesia juga saya rasa,..
    udah tingkat pendidikan tinggi, gada kerusuhan juga,..

    PR dalam negeri masih banyak nUY,.. ^_^

  2. catatan anda baik sekali,,,

    ya kang,, negara mungkin akan damai jika mereka mencabut semua atribut militernya. sekarang ini kalo kita liat peperangan2 yang paling banyak menimbulkan korban pasti akibat ulah militer. dan yang jadi korbannya rakyat sipil. aduh,, kasian banget……..
    kita kampanyekan yo, anti militerrrrrrrrrr

  3. kapan dong Indonesia rakyatnya bahagia seperti kosta rika? Saya rindu pendidikan Indonesia maju, semua anak bersekolah, minimal sekolah menengah baik SMA mau pun SMK. Saya rindu anggaran pendidikan utuh tidak dikorupsi. Karena kalau kita tahu dana pendidikan yang digerogoti dati tingkat pusat sampai sekolah ihhh ngeri…Saya rindu alam Indonesia subur, hijau, lingkungan terawat dan lestari…entah kapan? Mungkin 10, 20 tahun lagi….juther.wordpress.com

  4. Menurut kebiasaan, rakyat yang maju melawan musuh…. pakai bambu runcing, parang, dan golok. He he he….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s